Herbal Untuk Wanita

Jenis Spa dan Manfaatnya


Ada berbagai jenis spa yang kini sudah ada di Negara Indonesia. Melalui layanan jasa spa, kita bisa memanfaatkan berbagai jenis spa sesuai dengan tujuan.


Jasa layanan spa pada dasarnya akan memberikan paket perawatan yang hampir sama. Hanya saja akan ada perbedaan menyesuaikan dengan tempat dimana melakukan spa.

Secara holistik dengan aneka bahan herba, cara alami menggunakan teknik aromatherapy, metode mandi rempah, teknik body scrub, teknik body wrap, pengaturan gizi, yoga, meditasi serta menciptakan relaksasi merupakan aktivitas spa yang bertujuan untuk merawat kecantikan, pemeliharaan kesehatan raga dan jiwa, serta pembentuk kebugaran tubuh. (majalah Spa, No. 01/Thn 1/Juni 2005, hal 10).

Berikut jenis-jenis spa yang dikutip dari majalah spa:

1.    Destinasi Spa

Yaitu sebuah spa yang berada di lingkungan yang masih asri seperti tempat-tempat di pegunungan. Tujuan dari destinasi spa adalah untuk membantu menjalani gaya hidup sehat melalui perawatan spa, olahraga, dan program pendidikan. Spa jenis ini termasuk jenis spa eksklusif dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Setidaknya minimal dua malam bahkan bisa sampai tujuh malam.

2.    Amenity Spa

Hampir sama dengan destinasi spa, hanya saja spa jenis ini bergabung dengan tempat-tempat resort seperti hotel,

3.    Klub Spa/Wellness Spa

Spa yang berada diklub-klub kesehatan dan rumah sakit serta panti rehabilitasi,

4.    Residensial Spa

Spa yang berada di lingkungan perumahan yang berfungsi sebagai tempat tinggal atau lingkungan hunian yang dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang mewadahi yang memungkinkan penghuninya bersantai sambil menikmati pelayanan dan menyegarkan diri,

5.    Day Spa/Beauty Spa

Spa yang diperluas dengan salon kecantikan, dan biasanya terletak ditengah-tengah kota.

6.    Fitness Spa

Adalah spa yang berada satu lokasi dengan Fitness Centre atau Gymnasium, sehabis berolahraga anda dapat langsung mempergunakan fasilitas ini, biasanya tempat ini berada diarea atas dari tempat ini,

7.    Wellness Spa

Sebuah spa yang bukan hanya sekedar menyembuhkan penyakit tetapi juga dapat meringankan beban penyakit yang diderita misalnya penyakit jantung,

8.    Medical Spa

Jenis spa yang memberikan satu paket pengobatan alternative, spa ini biasanya terdapat seorang ahli atau dokter dibidang medical seperti bidang herbal, bidang pengobatan tradisional Cina dan lainnya.

Identifikasi Kegiatan Spa

Ada banyak aktifitas kegiatan dapat dinikmati ketika melakukan perawatan spa, namun dari kesemua jenis spa, tentunya harus disesuaikan dengan tujuan melakukan spa. Beberapa kegiatan spa dapat dibedakan menjadi dua bagian yaitu:

1.    Relaksasi pasif.

Program dimana nantinya konsumen akan melakukan kegiatan yang sedikit menggunakan otot dan pikiran. Kegiatan tersebut akan didapat pada ruang atau area seperti dibawah ini:

a.    Sauna dan steam

Meski sama-sama mandi uap, ada yang membedakan antara sauna dan steam, Jika di sauna elemen pemanasnya tidak ditaruh di dalam air, maka di steam elemen pemanas itu ditempatkan dalam air. Itulah sebabnya sauna disebut juga dengan mandi uap kering (tidak mengandung air) dan steam disebut mandi uap basah (lembab dan mengandung air).

Suhu ruangan ketika melakukan sauna dan steam yaitu 60° C atau lebih dan sebaiknya dilakukan tidak lebih dari 15 menit. Bagi mereka yang mengidap penyakit jantung atau kelainan jantung, hipertensi, darah rendah dan asma tidak dianjurkan untuk mandi sauna atau steam.

Namun bagi penderita asma yang tidak alergi dengan uap, masih dibolehkan mandi sauna atau steam. Anjuran dari Dr. Dede, ahli jantung yang juga konsultan ahli di Javana Spa. (Buku Pintar Terapi SPA, Sophie Benge & Elizabeth Tara, MD, Taramedia & Restu Agung, hal 87-88).

b.    Whirpool

Berendam dalam bak air atau Jacuzzi yang dilengkapi dengan mesin hydrojet yang berfungsi sebagai pemijat atau massage.

c.    Massage
Dengan bantuan seorang therapis, massage atau pijat akan dapat dinikmati mulai dari pijatan di ujung kaki sampai ujung kepala. Atau bisa juga pemijatan dengan menggunakan media air lewat shower. Yang sekarang sedang marak yaitu baby spa,  

Baby spa atau perawatan untuk bayi dengan menggunakan air ini bermanfaat untuk menghilangkan kelelahan dan kejenuhan pada bayi, berenang akan merangsang gerakan motorik pada bayi karena otot-otot bayi akan berkembang dengan sangat baik, persendian tubuh akan bekerja secara optimal, pertumbuhan badan meningkat dan tubuhpun menjadi lentur.

Sedangkan massage untuk baby adalah terapi sentuh tertua dengan tehnik yang menggunakan gerakan anggota tubuh (tangan, jari, siku, kaki) atau alat bantu lain pada jaringan lunak (kulit, otot, saraf) yang memberi efek stimulasi, rileksasi, melancarkan peredaran darah (Yahya, 2011).

Baby Spa bermanfaat memberikan rasa tenang, nyaman, dan segar, sehingga bayi akan relaks dan dapat tidur dengan nyenyak. Dapat diketahui bahwa hormon pertumbuhan 75% keluar pada saat individu tidur. Semakin meningkat jumlah jam tidur bayi pengeluran hormon pertumbuhan juga semakin meningkat (Afina, 2012).

d.    Meditasi

Meditasi atau pemusatan pikiran yang teratur akan meningkatkan rasa percaya diri, dan memberikan kedamaian jiwa serta kestabilan emosi. Sementara doa mengkomunikasikan harapan, penyerahan diri secara vertikal kepada Tuhan dan secara horizontal mencerminkan welas asih kepada sesam manusia. (Buku Pintar Terapi SPA, Sophie Benge & Elizabeth Tara, MD, Taramedia & Restu Agung, hal 43).

2.    Relaksasi aktif
Suatu rangkaian kegiatan yang bertujuan untuk relaksasi dengan menggunakan otot dan fikiran secara aktif dan berguna bagi kebugaran dan kesegaran tubuh. Kegiatan ini berupa olahraga, rekreasi alam, dan kegiatan yang berkaitan dengan hiburan.


Semoga Bermanfaat.